- MENJELASKAN ETIKA PROFESI KEPERAWATAN
- MENYEBUTKAN MANFAAT ETIKA PROFESI KEPERAWATAN
- MENYEBUTKAN TUJUAN ETIKA PROFESI KEPERAWATAN
- MENJELASKAN FUNGSI ETIKA PROFESI KEPERAWATAN
ADALAH FILSAFAT YANG MENGARAHKAN TANGGUNG JAWAB MORAL YANG MENDASARI PELAKSANAAN PRAKTIK KEPERAWATAN.
ETIKA PROFESI KEPERAWATAN ADALAH MILIK DAN DILAKSANAKAN OLEH SEMUA ANGGOTA PROFESI KEPERAWATAN/ANGGOTA PROFESI KEPERAWATAN DITUNTUT OLEH SESAMA PERAWAT, PROFESI LAIN, DAN MASYARAKAT SBG PENERIMA YANKEP UNTUK MENTAATI DAN MENAMPILKAN KODE ETIK YANG TELAH DISEPAKATI.
ETIKA PROFESI memberikan tuntunan praktik bagi anggota profesi sesuai dg standar moral.
Perawat diharapkan mampu mengambil keputusan atas dasar penalaran saintifik dan etis
Perawat mempunyai tanggung jawab untuk menciptakan lingkungan yang kualitas pelayanannya juga ditentukan oleh pertimbangan hak, nilai budaya, dan adat istiadat klien.
ETIKA PROFESI KEPERAWATAN MERUPAKAN ALAT UNTUK MENGUKUR PERILAKU MORAL DALAM KEPERAWATAN
à BERDASARKAN KODE ETIK
àTANTANGAN PERAWAT:
- MENGEMBANGKAN ETIKA PROFESI SCR TERUS MENERUS à DAPAT MENAMPUNG DAN MENYELESAIKAN MASALAH BARU
- MAMPU MENURUNKAN ETIKA PROFESI KEP. KEPADA PERAWAT GENERASI MUDA
- MENERUSKAN FILSAFAT KEP. AGAR SETIAP PROFESI MENYENANGI PROFESINYA.
TUJUAN ETIKA PROFESI KEPERAWATAN
TUJUAN ETIKA PROFESI KEPERAWATAN SECARA UMUM:
MENCIPTAKAN DAN MEMPERTAHANKAN KEPERCAYAAN KLIEN KEPADA
PERAWAT, KEPERCAYAAN SESAMA PERAWAT, DAN KEPERCAYAAN
MASYARAKAT KEPADA PROFESI KEPERAWATAN
Menurut American Ethics Commissions Bureau on Teaching
1. Mengenal & mengidentifikasi unsur moral dlm praktek keperawatan
2. Membentuk strategi dan menganalisis masalah moral yang terjadi dalam praktik
keperawatan
3. menghubungkan prinsip moral/pelajaran yg baik dan dapat
dipertanggungjawabkan pada diri sendiri, keluarga, masyarakat, dan kepada
Tuhan, sesuai dengan kepercayaannya.
Pendidikan etika keperawatan bertujuan (Pusat Pendidikan Keperawatan Amerika)
1.Meningkatkan pengertian peserta didik tentang hubungan antar profesi kesehatan lain & mengerti ttg peran dan fungsi anggota tim kesehatan tsb
2.Mengembangkan potensi pengambilan keputusan ttg baik & buruk yg akan
dipertanggungjawabkan kpd Tuhan sesuai dg kepercayaannya
3.Mengembangkan sifat pribadi dan sikap profesional peserta didik
4. Mengembangkan pengetahuan & ketrampilan yg penting untuk dasar praktik
keperawatan profesional. Diakui bahwa pengembangan ketrampilan ini melalui
dilema etik, artinya konflik yg dialami memerlukan pengambilan keputusan yg
baik dan benar dipandang dari sudut profesi, kemanusiaan, kemasyarakatan,
kesehatan, dan keperawatan
5. Memberi kesempatan kpd peserta didik menerapkan ilmu & prinsip etika kep dlm
praktik dan situasi nyata.
FUNGSI ETIKA PROFESI KEPERAWATAN BAGI PESERTA DIDIK
MENINGKATKAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK TENTANG NILAI,
NORMA YG TIMBUL DLM KEPUTUSAN KEPERAWATAN
à HARUS DITANAMKAN & DIYAKINI OLEH PESERTA DIDIK MELALUI
PEMBINAAN DI PENDIDIKAN, LINGKUNGAN PEKERJAAN DAN
LINGKUNGAN PROFESI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar